Rabu, 03 Desember 2014

PENTINGNYA ADMINISTRASI KELAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Pelaksanaan administrasi pendidikan sangat penting dikarenakan menyangkut semua kegiatan-kegiatan madrasah, baik yang mengenai materi, perencanaan, kerjasama, kepemimpinan, komunikasi, penilaian dan sebagainya. Kesemuanya ini harus dikerjakan dan diatur sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana yang memungkinkan terselenggaranya kondisi kegiatan belajar mengajar yang baik sehingga mencapai tujuan pendidikan. Pendukung utama tercapainya tujuan pengajaran adalah suasana kelas yang baik dalam arti seluas-luasnya, karena itu segala macam tindakan pembinaan pendidikan sepatutnya diarahkan pada kelas. Di kelaslah segala aspek pendidikan dan pengajaran bertemu dan berproses, guru dengan segala kemampuannya, kemudian siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individunya, kurikulum dengan segala komponennya dan materi serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasannya bertemu, berpadu, dan berinteraksi di kelas.
Kelas adalah sebuah ruang di lembaga pendidikan yang merupakan wadah tempat terjadinya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada siswa sehingga terjadilah perubahan tingkah laku.
Agar pelaksanaan kegiatannya berjalan sesuai dengan tujuan, maka diperlukan pendataan terhadap seluruh komponen pembelajaran untuk diolah, dan dilaporkan hasilnya kepada kepala madrasah. Oleh karena itu diperlukan seperangkat yang disebut administrasi kelas. Dengan administrasi dan pengelolaan kelas yang baik dan menarik akan mendorong siswa untuk belajar dengan baik, serta memungkinkan tercapainya hasil yang baik pula, dan pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal. Berkenaan dengan pengelolaan kelas, sedikitnya ada 8 aspek pengelolaan kelas, yaitu: 
1. Mengecek kehadiran siswa
2. Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memeriksa, dan menilai pekerjaan siswa tersebut.
3. Pendistribusian bahan dan alat 
4. Mengumpulkan informasi dari siswa 
5. Mencatat data siswa 
6. Pemeliharaan asrip 
7. Menyampaikan materi pembelajaran 
8. Memberikan tugas/PR
         Bidang garapan administrasi kelas, merupakan kegiatan catat mencatat (recording) dan lapor melapor (reporting) seluruh komponen kegiatan yang dilaksanakan di dalam kelas. Diantara administrasi kelas yang dibutuhkan adalah : Buku supervisi, Buku peniramaan dan pengambilan rapor, Daftar hadir siswa (absen), Buku penilaian, Buku mutasi siswa, Buku notulen rapat, Grafik absen siswa, Jadwal pelajaran, Buku keuangan, Papan absen harian, Buku tamu, Denah tempat duduk siswa, Buku BP, Daftar inventaris kelas, Buku UKS/berobat, Kalender pendidikan, dan administrasi lain yang dibutuhkan.
Keberadaan administrasi kelas tentunya tidak lengkap tanpa adanya manajemen kelas yang baik. Diantara kegiatan yang harus dilakukan dalam melaksanakan manajemen kelas adalah perencanaan kelas, pengorganisasian kelas, pengarahan kelas, koordinasi kelas, komunikasi kelas dan kontrol kelas.
Perencanaan Kelas, yang utama adalah menjabarkan kurikulum menjadi program pembelajaran yang konkrit sesuai dengan waktu yang tetsedia. Seperti: program tahunan, program semester, program bulanan,program mingguan, dan program harian. Selain itu perlu juga kegiatan ekstrakurikuler seperti: program pramuka, olahraga, kesenian, les belajar tambahan, bimbingan konseling, UKS, dsb. 
Pengorganisasian Kelas, Guru diharapkan dapat membagi beban kerja, tanggung jawab,wewenang kepada semua pihak (guru dan guru) dan juga mengikut sertakan siswa dalam pengelolaan kelas. Melengkapi alat-alat yang diperlukan dan membuat struktur organisasi kelas. 
Pengarahan Kelas, dilakukan agar setiap kegiatan tidak menyimpang dari tujuan dan ketentuan. Hal ini tentunya memerlukan bimbingan dan kerjasama dengan kepala madrasah,supervisor, dan konselor dengan jalan musyawarah. 
Koordinasi Kelas, bertujuan membawa semua material,fasilitas, dan teknik-teknik kedalam hubungan kerja yang harmonis dengan tugas dan peranan masing-masing untuk menyampaikan saran, pendapat dan gagasan baik dalam bidang kerjanya sendiri maupun bidang kerja yang menjadi tanggung jawab yang bersangkutan. 
Komunikasi Kelas, menunjukkan adanya hubungan manusiawi yang harmonis, dengan cara musyawarah,diskusi baik hubungan pribadi maupun kelompok dengan menggunakan jaringan komunikasi yang berdaya guna. 
Kontrol Kelas, apabila ada yang menemukan kekurangan tentunya perlu adanya upaya perbaikan, untuk itu perlu adanya control kerja terhadap program kelas yang telah disusun. Apabila ini sudah dilakukan maka akan muncul penilaian terhadap keberhasilan dan kegagalan kerja yang dilakukan. 
       Kegiatan manajemen kelas tersebut di atas mutlak dilaksanakan disamping kelengkapan administrasi kelas, jika ingin hasil yang baik dan tercapainya tujuan yang dikehendaki yakni mampu meningkatkan mutu pendidikan di madrasah yang kita cintai.
       Berikut contoh sederhana Buku Administrasi Guru Kelas yang diperlukan agar kegiatan mengelola kelas dapat direncanakan dan dilaksanakan sesuai yang diharapkan. Buku Administrasi guru kelas ini diperoleh dari pengalaman penulis dan dari berbagai sumber dengan penyesuaian seperlunya. Bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan silahkan dapat mengunduhnya dengan cara klik DISINI, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka :  
Journal from UNM / 2014-10-29 17:49:47 Oleh : St. Asmah, Universitas Negeri Makassar
http://k-youlia.blogspot.com/2012/03/makalah-kelasmadrasah-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar