Pelaksanaan administrasi pendidikan sangat penting dikarenakan
menyangkut semua kegiatan-kegiatan madrasah, baik yang mengenai materi,
perencanaan, kerjasama, kepemimpinan, komunikasi, penilaian dan sebagainya.
Kesemuanya ini harus dikerjakan dan diatur sedemikian rupa sehingga menciptakan
suasana yang memungkinkan terselenggaranya kondisi kegiatan belajar mengajar
yang baik sehingga mencapai tujuan pendidikan. Pendukung utama tercapainya
tujuan pengajaran adalah suasana kelas yang baik dalam arti seluas-luasnya,
karena itu segala macam tindakan pembinaan pendidikan sepatutnya diarahkan pada
kelas. Di kelaslah segala aspek pendidikan dan pengajaran bertemu dan berproses,
guru dengan segala kemampuannya, kemudian siswa dengan segala latar belakang
dan sifat-sifat individunya, kurikulum dengan segala komponennya dan materi
serta sumber pelajaran dengan segala pokok bahasannya bertemu, berpadu, dan
berinteraksi di kelas.
Kelas adalah sebuah ruang di lembaga pendidikan yang
merupakan wadah tempat terjadinya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru
dengan mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada siswa sehingga
terjadilah perubahan tingkah laku.
Agar
pelaksanaan kegiatannya berjalan sesuai dengan tujuan,
maka diperlukan pendataan terhadap seluruh komponen pembelajaran untuk
diolah,
dan dilaporkan hasilnya kepada kepala madrasah. Oleh karena itu
diperlukan
seperangkat yang disebut administrasi kelas. Dengan administrasi dan
pengelolaan kelas yang baik dan menarik akan mendorong siswa untuk
belajar
dengan baik, serta memungkinkan tercapainya hasil yang baik pula, dan
pada
gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal. Berkenaan
dengan pengelolaan kelas, sedikitnya ada 8 aspek pengelolaan kelas,
yaitu:
1.
Mengecek kehadiran siswa
2.
Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memeriksa, dan menilai pekerjaan siswa
tersebut.
3.
Pendistribusian bahan dan alat
4.
Mengumpulkan informasi dari siswa
5.
Mencatat data siswa
6.
Pemeliharaan asrip
7.
Menyampaikan materi pembelajaran
8.
Memberikan tugas/PR
Bidang garapan administrasi kelas, merupakan
kegiatan catat mencatat (recording) dan lapor melapor (reporting) seluruh
komponen kegiatan yang dilaksanakan di dalam kelas. Diantara administrasi kelas
yang dibutuhkan adalah : Buku supervisi, Buku peniramaan dan pengambilan
rapor, Daftar hadir siswa (absen), Buku penilaian, Buku mutasi siswa, Buku
notulen rapat, Grafik absen siswa, Jadwal pelajaran, Buku keuangan, Papan absen
harian, Buku tamu, Denah tempat duduk siswa, Buku BP, Daftar inventaris kelas, Buku
UKS/berobat, Kalender pendidikan, dan administrasi lain yang dibutuhkan.
Keberadaan
administrasi kelas tentunya tidak lengkap tanpa
adanya manajemen kelas yang baik. Diantara kegiatan yang harus dilakukan
dalam
melaksanakan manajemen kelas adalah perencanaan kelas, pengorganisasian
kelas, pengarahan kelas, koordinasi kelas, komunikasi kelas dan kontrol
kelas.
Perencanaan
Kelas, yang
utama adalah menjabarkan kurikulum menjadi program pembelajaran yang konkrit sesuai
dengan waktu yang tetsedia. Seperti: program tahunan, program semester, program
bulanan,program mingguan, dan program harian. Selain itu perlu juga kegiatan
ekstrakurikuler seperti: program pramuka, olahraga, kesenian, les belajar
tambahan, bimbingan konseling, UKS, dsb.
Pengorganisasian
Kelas, Guru diharapkan
dapat membagi beban kerja, tanggung jawab,wewenang kepada semua pihak (guru dan
guru) dan juga mengikut sertakan siswa dalam pengelolaan kelas. Melengkapi
alat-alat yang diperlukan dan membuat struktur organisasi kelas.
Pengarahan
Kelas, dilakukan
agar setiap kegiatan tidak menyimpang dari tujuan dan ketentuan. Hal ini
tentunya memerlukan bimbingan dan kerjasama dengan kepala madrasah,supervisor,
dan konselor dengan jalan musyawarah.
Koordinasi
Kelas, bertujuan membawa
semua material,fasilitas, dan teknik-teknik kedalam hubungan kerja yang
harmonis dengan tugas dan peranan masing-masing untuk menyampaikan saran,
pendapat dan gagasan baik dalam bidang kerjanya sendiri maupun bidang kerja
yang menjadi tanggung jawab yang bersangkutan.
Komunikasi
Kelas, menunjukkan adanya
hubungan manusiawi yang harmonis, dengan cara musyawarah,diskusi baik hubungan
pribadi maupun kelompok dengan menggunakan jaringan komunikasi yang berdaya
guna.
Kontrol
Kelas, apabila ada yang
menemukan kekurangan tentunya perlu adanya upaya perbaikan, untuk itu perlu
adanya control kerja terhadap program kelas yang telah disusun. Apabila ini
sudah dilakukan maka akan muncul penilaian terhadap keberhasilan dan kegagalan
kerja yang dilakukan.
Kegiatan
manajemen kelas tersebut di atas mutlak dilaksanakan disamping kelengkapan
administrasi kelas, jika ingin hasil yang baik dan tercapainya tujuan yang
dikehendaki yakni mampu meningkatkan mutu pendidikan di madrasah yang kita
cintai.
Berikut contoh sederhana Buku Administrasi Guru Kelas yang diperlukan
agar kegiatan mengelola kelas dapat direncanakan dan dilaksanakan sesuai
yang diharapkan. Buku Administrasi guru kelas ini diperoleh dari
pengalaman penulis dan dari berbagai sumber dengan penyesuaian
seperlunya. Bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan silahkan dapat
mengunduhnya dengan cara klik DISINI, semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka :
Journal from UNM / 2014-10-29 17:49:47 Oleh : St. Asmah, Universitas Negeri Makassar
http://k-youlia.blogspot.com/2012/03/makalah-kelasmadrasah-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar